Kamis, 11 Oktober 2012

TIDAK ADA CINTA KECUALI EGO


Konsep kehidupan manusia dimuka bumi merupakan sebuah cerita yang tak kunjung habis. Sandiwara kehidupan semuanya berawal dari muka bumi dan Allah SWT yang menjadi sutradara (Mustafa Agus: 23). Sama halnya ketika berbicara tentang cinta dan ego.

Banyak orang yang mendefinisikan tentang cinta. Namun tak ada satupun yang mampu memberikan defenisi yang jelas. Semua orang dapat memberikan defenisi tergantung apa yang mereka rasakan. Seperti defenisi tentang cinta berikut ini. Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya (Wikipedia Cinta). Sedangkan menurut kompasiana.com cinta adalah Perasaan takut kehilangan, takut ditinggalkan oleh seseorang yang kita sayangi, sehingga membuat seseorang rela melakukan banyak hal yang awalnya terlihat tidak mungkin.
Bagaimana dengan ego?  selama ini anggapan kita tentang ego hanya mementingkan kepentingan dirisendiri atau yang biasa disebut egosentrik. Ternyata Ego menurut muhammad iqbal adalah Khudi yang berarti roh yang penuh rahasia dan yang mengatur segala potensi yang ada dalam diri manusia. Selain itu, ego juga merupakan salah satu media untuk menjaga hubungan manusia dengan Tuhan dan manusia dengan manusia yang disebut ego semesta.
Ternyata, selama ini yang kita namakan cinta ternyata ego. Contoh lainnya, ketika kita menyukai seorang wanita dan ada rasa peduli denganya. Itu bukan cinta tetapi ego. Sama halnya ketika manusia ingin mendapatkan ridho dari Allah SWT ternyata yang timbul adalah ego manusia untuk mendapatkan ridho-Nya bukan cinta.
Berdasarkan beberapa statement diatas penulis berkesimpulan bahwa didalam kehidupan ini tidak ada cinta kecuali ego. Ego yang senantiasa menjaga hubungan manusia dengan Allah dan manusia dengan manusia. Sedangkan cinta yang kita pahami selama ini hanyalah ilusi yang tidak ada exsistensinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar